Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Berbekal KTP?

Apakah bisa mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan dan hanya berbekal KTP saja? Mayoritas masyarakat indonesia lebih tertarik dengan program kredit yang bisa diajukan tanpa harus melengkapi persyaratan. Padahal hampir semua produk keuangan yang ditawarkan lembaga keuangan baik koperasi maupun perbankan membutuhkan persyaratan dan ketentuan.

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Bila anda terdaftar sebagai salah satu anggota koperasi, mungkin saja prosedur pinjam uang di koperasi tanpa jaminan bisa dilakukan dengan mudah. Koperasi skala kecil di lingkup tempat tinggal bisa menjadi solusi terbaik pengajuan pinjaman tanpa agunan. Namun demikian terdapat beberapa kekurangan dalam sistem koperasi ini diantaranya hanya dapat diajukan oleh anggota koperasi itu sendiri serta hanya mengijinkan pengajuan dengan plafon kecil. Keterbatasan tersebut tentu disebabkan oleh modal bersama yang relatif kecil dibandingkan dengan lembaga keuangan berbadan hukum.

Fenomena yang kerap terjadi di kehidupan masyarakat Indonesia yakni mencari solusi keuangan dalam jangka pendek. Maka tak heran jika praktek lintah darat atau rentenir di Indonesia berkembang subur. Ujungnya tujuan awal mencari pinjaman sebagai solusi keuangan justru berbalik menjadi masalah keuangan yang lebih besar.

Pada umumnya praktik rentenir memberikan penawaran pinjaman uang dengan proses cepat dan mudah. Bahkan tak jarang dari mereka menawarkan kredit jaminan KTP dan KK saja. Padahal jika nasabah lebih jeli prosedur pinjaman yang diberikan syarat akan beberapa pungutan dan biaya besar tanpa melihat keseimbangan penerimaan pinjaman. Beberapa potongan di awal seperti biaya administrasi, hingga jasa pencairan biasa dilakukan terhadap pinjaman itu sendiri. Adanya potongan yang tidak sepadan tersebut membuat penerimaan uang pinjaman jauh lebih kecil dari nominal pencairan dana.

Untuk lebih mudahnya bisa kita ibaratkan seseorang melakukan pencairan pinjaman Rp 1.000.000, meski pihak rentenir memberikan pinjaman tersebut namun debitur tidak akan menerima pinjaman utuh melainkan telah dipotong dengan biaya dan hanya menerima Rp 800.000.

Tidak sampai disitu saja, rentenir yang menawarkan pinjaman tunai jaminan KTP dan KK biasanya juga membebani debitur dengan suku bunga yang mencekik, ditambah lagi dengan biaya penagihan dan lain sebagainya. (Simak juga: Pinjaman Online Tanpa Agunan dan Kartu Kredit).

Solusi Pinjaman Tanpa Jaminan Apapun

pinjaman-koperasi-tanpa-jaminan

Melihat fenomena di atas, saat membutuhkan pinjaman kita harus berpikir rasional serta mempertimbangkan untung rugi mengajukan pinjaman tersebut. Berikut bisa anda jadikan sebagai solusi mencari pinjaman di saat membutuhkan:

  1. Meminjam uang pada keluarga atau kerabat.
  2. Meminjam uang pada teman atau sahabat.
  3. Mengajukan pinjaman ke kantor tempat bekerja atau Kas Bon.

Ketiga jenis pinjaman di atas merupakan solusi terbaik mendapatkan pinjaman tunai tanpa jaminan apapun sebagai solusi finansial anda.

Bila terpaksanya anda harus mengajukan pinjaman ke pihak lain kami sarankan untuk senantiasa mempertimbangkan lembaga pemberi kredit. lembaga keuangan berbadan hukum serta perbankan bisa menjadi solusi terbaik bila anda tidak bisa mendapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan.