Penyalur Kredit Ultra Mikro Tanpa Jaminan

Program Kredit Ultra Mikro (UMi) menjadi gebrakan baru pemerintah Indonesia dalam usaha mengentaskan kemiskinan. Program pinjaman modal usaha dengan bunga 2%-4% ini akan diberikan bagi pelaku usaha sangat kecil atau usaha ultra mikro dengan platon antara Rp 1.000.000 sampai Rp 10.000.000 per orang.

Sebagai percontohan, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan telah meluncurkan program UMi di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Dana Kredit Ultra Mikro sendiri dipatok dengan besaran Rp 1,5 Triliun dan rencanaya akan disalurkan untuk 19 desa di seluruh Indonesia dengan target penerima manfaat sebanak 300 ribu pelaku usaha.

Penyalur Kredit Usaha Mikro

Sebagai penyalur Kredit Ultra Mikro tanpa jaminan pemerintah telah menunjuk beberapa BUMN yakni PT. Pegadaian, PT. Permodalan Nasional Madani, dan PT. Bahana Ventura. Dari ketiga perusahaan tersebut nantinya dana UMi akan disalurkan melalui lembaga keuangan non bank dan koperasi.

Jika kita telisik lebih jauh peluncuran kredit yang dikhususkan bagi usaha sangat kecil ini ditujukan sebagai solusi terbaik khususnya bagi masyarakat yang selama ini tidak tersentuh oleh program KUR. Bagi anda yang bersatus sebagai pelaku usaha dan telah mengajukan kredit usaha rakyat namun tidak menerima persetujuan lantaran alasan agunan maupun aset usaha bisa coba mengajukan Kredit Ultra Mikro ini. Pasalnya UMi merupakan program khusus yang ditujukan bagi usaha sangat kecil seperti pedagang kaki lima, nelayan, hingga petani.

Hal yang perlu anda pahami selanjutnya ialah berkaitan syarat Kredit Ultra Mikro, dimana peminjam tidak wajib menyertakan jaminan sebagai persyaratan. Beberapa syarat yang perlu anda persiapkan diantaranya KTP Elektronik, surat ijin atau keterangan usaha. Selain itu pinjaman modal usaha ini hanya dapat diakses oleh pelaku usaha yang tidak memiliki kredit di tempat lain baik dari lembaga keuangan maupun koperasi.

Sebagaimana yang kita ketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah meluncurkan program Kredit Ultra Mikro (UMi) pada hari senin 14 Agustus 2017 di Desa Pasar Angin, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Program ini menjadi solusi bagi pelaku usaha yang selama ini belum bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat karena terganjal aset jaminan. Degan adanya program UMi pelaku usaha ultra mikro bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan.