Cara Pinjam Uang di Bank BCA Jaminan Sertifikat Rumah

Diposting pada

Cara pinjam uang di bank tidak hanya bisa dilakukan dengan jaminan sertifikat rumah saja. Demikian pula ketika anda berniat untuk mengajukan pinjaman di Bank BCA. Bank Central Asia (BCA) memiliki berbagai jenis pinjaman yang dapat diajukan dengan agunan maupun tanpa agunan.

Bila anda berkeinginan mengajukan pinjaman uang tanpa agunan bisa memilih produk BCA Personal Loan maupun KKB BCA Refinancing Jaminan BPKB. Layanan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif nasabah.Sementara bila anda memilih untuk mengajukan pinjaman modal kerja dan investasi saat ini BCA juga menjadi salah satu bank penyalur KUR 2017 sehingga mempermudah anda mendapatkan pinjaman untuk keperluan produktif. Namun demikian, bila anda menghendaki mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah bisa memilih layanan kredit multi guna BCA KPR Refinancing.

Tips dan Cara Pinjam Uang di Bank BCA

BCA KPR Refinancing atau pinjaman BCA jaminan sertifikat rumah adalah salah satu jenis produk kredit Bank BCA yang bisa anda ajukan untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif maupun produktif. Selain fleksibel dalam penggunaan nya pinjaman ini juga diberikan dengan tenor lebih lama serta suku bunga lebih ringan dibandingkan KTA BCA Personal Loan maupun BCA Personal Loan Payroll. Berikut beberapa tips yang tidak boleh anda abaikan saat melakukan pengajuan pinjaman.

1. Pastikan Rumah memenuhi kriteria sebagai jaminan

Cara pinjam uang di Bank BCA dengan jaminan sertifikat rumah bisa dilakukan dengan ketentuan utama rumah yang anda dijadikan sebagai agunan memenuhi ketentuan. Biasanya pihak bank akan memberikan persyaratan terhadap agunan seperti berada di lokasi aman, jauh dari bangunan SPBU/ fasilitas umum, serta memiliki akses jalan yang dapat dilalui mobil. Untuk itu sebelum menyodorkan agunan anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut.

2. Pastikan Nama Anda tidak masuk daftar hitam (blacklist) Bank Indonesia.

Sudah barang pasti ketika anda terkena blacklist karena persoalan kredit macet pihak bank tidak akan memberikan persetujuan terhadap permohonan anda. Satu-satunya solusi ketika anda terkena blacklist yakni melakukan pelunasan terhadap kredit macet yang pernah menjerat anda. Karena proses persetujuan kredit perbankan dilakukan melalui standart operasional dan salah satunya ialah memperhatikan BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID).

3. Lakukan Step by Step Pengajuan Kredit Sesuai Ketentuan

Tips selanjutnya yang dapat anda terapkan agar proses persetujuan kredit berjalan dengan lancar ialah mengikuti prosedur yang berlaku. Prosedur pengajuan pinjaman yang lazim diterapkan ialah mengisi formulir pengajuan dan melengkapi berkas persyaratan sesuai ketentuan. Pastikan anda mengumpulkan formulir kredit serta dokumen secara lengkap menjadi satu aplikasi kredit.

Untuk memastikan seluruh dokumen memenuhi persyaratan sebaiknya anda mempersiapkan salinan atau fotokopi dokumen terbaru baik berupa identitas pribadi, maupun slip gaji. Selama proses verifikasi petugas bank akan melakukan survey baik langsung maupun tidak langsung. Survey terhadap jaminan bisanya dilakukan langsung dengan mendatangi objek tersebut. Beberapa penilaian terhadap kondisi serta akses jalan menjadi salah satu penentuan harga agunan tersebut.

Selain melakukan survey terhadap objek jaminan tidak menutup kemungkinan petugas akan melakukan survey tambahan misalnya melalui perusahaan tempat anda bekerja atau menanyakan kondisi dan keadaan ekonomi anda terhadap tetangga.

Berikut cara dan prosedur pengajuan pinjaman BCA jaminan sertifikat rumah.

  • Mengisi formulir pengajuan kredit.
  • Melengkapi dokumen persyaratan.
  • Menyertakan Surat Hak Milik (SHM), Surah Hak Guna Bangun (SHGB), dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Menunggu proses persetujuan pihak BCA.
  • Menerima konfirmasi persetujuan.
  • Melakukan perjanjian kredit.
  • Pencairan dana sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Melakukan angsuran bulanan sampai pelunasan sesuai tenor yang diambil.

Ketentuan dan Persyaratan Pinjaman BCA Jaminan Sertifikat Rumah

Selain tips atau cara pinjam uang di bank BCA yang telah kita sampaikan di atas, masih ada ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi calon debitur seperti berikut:

  1. Calon debitur merupakan WNI.
  2. Memiliki pekerjaan tetap baik dengan status karyawan tetap, pengusaha, maupun profesional.
  3. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  4. Berusia di atas 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat jatuh tempo pinjaman.
  5. Berkas dokumen berupa fotokopi KTP, KK, NPWP, Keterangan penghasilan, dan fotokopi rekening tabungan.
  6. Melengkapi berkas atau dokumen jaminan baik berupa fotokopi sertifikat tanah atau Surat Hak Milik, Surat Hak Guna Bangun, dan IMB.

Beberapa persyaratan di atas merupakan ketentuan utama yang harus anda penuhi.

Ketentuan Lain yang Perlu Anda Ketahui

Selain persyaratan ada beberapa ketentuan yang sebaiknya anda ketahui tentang produk pinjaman BCA jaminan sertifikat rumah. Dengan mengetahui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya akan mempermudah anda dalam melakukan pengajuan pinjaman. Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda tanyakan pada pihak Bank:

  • Biaya Provisi dan administrasi.
  • Suku bunga dan denda keterlambatan melakukan angsuran.
  • Biaya penalti pelunasan kredit sebelum jatuh tempo.
  • Biaya asuransi, jasa notaris, dan biaya apraisal.

Dengan mengetahui secara pasti beberapa hal di atas anda akan mengetahui konsekuensi sekaligus risiko sebagai debitur.

Demikian sekilas tentang cara pinjam uang di Bank melalui produk pinjaman BCA jaminan sertifikat rumah. Anda dapat mengajukan kredit dengan plafon maksimal 80% dari harga rumah yang menjadi objek jaminan.